SELAMAT DATANG DI BLOG SMP NEGERI SATU ATAP SUNGAI LAUT "ALAMAT. JALAN ISLAMIYAH DESA SUNGAI LAUT KECAMATAN TANAH MERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR-RIAU KODE POS 29271 NO HP. 081363311997"

KRITERIA MENJADI GURU IDEAL

Jakarta—Guru dituntut aktif saat di sekolah agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara optimal. Terdapat sejumlah kriteria untuk menjadi seorang guru yang ideal sesuai dengan Kurikulum 2013.
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Syawal Gultom mengatakan, guru yang ideal adalah guru yang bisa menginspirasi muridnya melalui ucapan, perilaku, dan sikap. Selain itu, kata dia, guru harus memiliki insiatif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.
“Profesi seorang guru yang ideal diperlukan suatu sikap yang mampu menerima perubahan dan harus terbuka saat menerima perubahan, kreatif, dan siap dikritik,” katanya pada acara Coffee Break TV One, Kamis (2/10/2014)
Syawal mengatakan, tantangan terbesar implementasi Kurikulum 2013 adalah apakah guru bisa merubah tentang sikap, perilaku, dan ucapan? karena seorang guru dituntut aktif dan menjadi contoh atau model bagi kesuksesan muridnya. “Kesuksesan bangsa berawal dari ruang kelas,” katanya.
Adapun dari sisi tata kelola guru, Syawal mengatakan, ada dua aspek yang harus diperhatikan yaitu aspek kecukupan dan kesesuaian. Kecukupan dalam arti jumlah kebutuhan guru yang mengajar di suatu sekolah terpenuhi. “Kecukupan disesuaikan dengan kebutuhan guru di sekolah,” katanya.
Sementara, Syawal menyampaikan, aspek kesesuaian dilihat dari kompetensi guru meliputi empat macam kompetensi, yakni pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. “Kalau cukup, tetapi tidak sesuai tentu kualitas tidak akan maksimal,” katanya.
Syawal menambahkan, untuk mendorong kinerja guru pada tahun depan akan diterapkan lima indeks pendidikan secara lebih intens lagi meliputi indeks kompetensi lulusan, indeks kinerja guru, indeks kepala sekolah, indeks pengawas sekolah, dan indeks efektivitas sekolah. “Guru adalah profesi strategis dalam membangun bangsa ini,” katanya. (Quanita/*ASW).
 

Copyright © 2011 SMP NEGERI SATU ATAP SUNGAI LAUT